Mengenal kebutuhan investasi Anda.

businessman-with-tablet-after-closing-a-deal_1098-3372

Sebelum melakukan investasi, kita sebagai investor sebaiknya mengerti dan memahami kebutuhan kita dalam berinvestasi untuk dapat menentukan pilihan investasi mana yang cocok dengan kebutuhan investasi kita. Dibawah ini merupakan tips untuk mengenali kebutuhan kita sebagai investor.

1. Kenalilah Profil Risiko Anda

Sebelum berinvestasi, kita harus mengetahui profil risiko investasi kita. Tanya kepada diri anda sendiri, seberapa banyak anda akan berinvestasi dan seberapa besar kemungkinan kehilangan yang akan anda terima dari instrumen yang akan anda investasikan. Ingat kata-kata “High risk, high profit” jadi jika anda menginginkan keuntungan yang besar anda harus bersiap juga dengan risiko besar yang akan ditanggung.

2. Tentukan tujuan keuangan anda

Anda pastinya memiliki alasan dan tujuan dalam melakukan investasi, salah satunya dengan reksa dana. Apakah untuk kebutuhan jangka panjang seperti pensiun, untuk keperluan pendidikan anak-anak atau jangka pendek contohnya untuk keperluan liburan bersama keluarga. Karena tujuan investasi akan menuntun anda dalam menentukan pilihan jenis reksa dana yang akan anda pilih.

3. Tentukan jangka waktu investasi

Anda harus menentukan jangka waktu yang tepat untuk investasi yang akan anda pilih. Contohnya jika anda membutuhkan dana dalam waktu 1 tahun, jangan berinvestasi pada instrument yang beresiko tinggi karena anda membutuhkan likuiditas dana bisa memilih reksa dana pasar uang. Sebaliknya jika anda memiliki jangka waktu investasi yang panjang anda dapat memilih instrumen investasi yang lebih agresif seperti reksa dana saham.

4. Pilihlah jenis reksa dana yang akan anda investasikan.

Banyak pilihan reksa dana yang bisa anda investasikan seperti Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Ketiganya dibedakan dengan tingkat risiko dan instrumen investasi yang terdapat didalamnya. Untuk reksa dana yang risikonya paling kecil yaitu Reksa Dana Pasar Uang untuk investasi jangka pendek. Diikuti dengan Reksa Dana Campuran untuk investasi jangka menengah dan Reksa Dana Saham untuk investasi jangka panjang karena instrumennya paling berisiko dibanding kedua reksa dana sebelumnya.

nice-businessman-with-speech-bubbles_23-2147571065

Jika telah mengerti dan memahami tujuan investasi, kebutuhan investasi dan jenis reksa dana yang akan dipilih, kalian sebagai investor sudah dapat melakukan investasi reksa dana. Sekarang investasi reksa dana dapat dilakukan secara online melalui Premier Reksa Dana Online (www.premierreksadanaonline.com) dengan minimal investasi Rp 100.000. Jangan menunggu dalam melakukan investasi, berinvestasilah sedini mungkin untuk perencanaan masa depan yang lebih baik.

Sumber : How to understanding your investment needs (www.wikihow.com)

Tinggalkan komentar